get app
inews
Aa Read Next : Jambore IJTI Pengda Jabar di Lamping Cirorek Garut, Peran Jurnalis Terhadap Kebencanaan

Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Garut Tingkatkan Target Screening AIDS

Kamis, 14 Desember 2023 | 17:53 WIB
header img
Kegiatan Fun Run sebagai perayaan Hari AIDS Sedunia, berlangsung di Gedung Art Centre Garut, Rabu kemarin (13/12/2023). Foto: Istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Peringatan Hari AIDS Sedunia yang telah berlangsung 1 Desember lalu menjadi pengingat bagi seluruh pihak terhadap bahayanya penularan AIDS.

Dalam memperingati Hari AIDS Sedunia Pemerintah Kabupaten Garut menggelar acara Fun Run yang berlangsung di Gedung Art Centre Garut, Rabu kemarin (13/12/2023).

Pada acara tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut mengungkapkan akan meningkatkan target screening AIDS bagi populasi rentan seperti ibu hamil, komunitas LSL (Lelaki Seks dengan Lelaki), komunitas waria, komunitas pelaku seks bebas, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Badan Pemasyarakatan (Bapas), Rumah Tahanan (Rutan),  dan penderita TBC.

"Di usia-usia rentan inilah yang kita harus berikan informasi seutuhnya tentang HIV/AIDS dan upaya pencegahannya," ujar Kabid P2P Dinkes Garut, Asep Surachman.

Pihak Dinkes Garut berkomitmen untuk melakukan screening terhadap populasi rentan. Ini merupakan upaya yang dilakukan untuk mencapai target screening sebanyak 62.225 orang tahun ini, dengan harapan dapat mengurangi kasus HIV/AIDS di masa mendatang.

"Kita ambil target kita tahun ini 62.225 ya, harus dikejar untuk mengetahui bagaimana yang 60 ribu ini ada ditemukan yang baru atau engga. Ternyata tadi ditemukan 201 dan sebagian besar ternyata pada yang memiliki perilaku seks menyimpang yaitu LSL," katanya.

Tahun lalu kasus HIV/AIDS di Kabupaten Garut berada di angka 212 kasus, sementara di tahun ini hingga bulan Oktober kemarin ditemukan 201 kasus HIV/AIDS baru, serta pasien HIV/AIDS yang meninggal dunia berjumlah 25 orang.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut