get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Seorang Lansia di Garut Ditemukan Tewas di Dalam Sumur Sedalam 15 Meter

Sabtu, 23 Desember 2023 | 07:18 WIB
header img
Petugas saat evakuasi seorang lansia masuk ke dalam sumur. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi seorang lansia masuk sumur di Kampung Depok RT 02/04, Desa Mekarraya, Kecamatan Kersamanah, Garut, Jawa Barat. Korban atas nama Utar (80) ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia di sebuah sumur sedalam 15 meter di sekitar rumahnya. Dilaporkan peristiwa itu terjadi pada Jum'at (22/12/2023) sekira pukul 18.00 WIB.

Petugas Damkar Limbangan Garut Deni dalam laporan tertulisnya mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya seseorang masuk ke dalam sumur.

"Laporannya sekitar pukul 20.18 WIB, ada seseorang masuk ke dalam sumur, Kami pun berkordinasi langsung dengan petugas di Mako karena alat untuk evakuasi itu adanya di Mako Damkar Garut,"kata Deni dalam laporannya yang diterima iNewsGarut.id, Sabtu (23/12/2023).

Setelah semua peralatan siap, lanjut Deni, pihaknya pun langsung bergegas ke lokasi untuk melakukan evakuasi dengan menerjunkan regu 2 yang dibantu petugas dari mako sebanyak 4 orang.

"Tiba di lokasi Kami langsung melakukan evakuasi dibantu warga sekitar dan instansi terkait baik itu dari kepolisian juga TNI dan instansi yang lainnya,"ujarnya.

Kata Deni, proses evakuasi berlangsung alot, dengan menggunakan peralatan tripod korban akhirnya dapat dinaikkan dari dalam sumur. Namun, imbuhnya, sudah dalam keadaan meninggal dunia.

"Kurang lebih 2 jam proses evakuasi, korban ditarik ke atas dengan tripod dan sudah keadaan meninggal dunia,"katanya.

Deni menuturkan, korban pertama kali ditemukan oleh Mulyana (temannya) pada saat akan bertamu ke rumahnya. Namun saksi melihat temannya itu tidak ada di dalam rumah, sementara dengan lampu rumah dalam keadaan tidak menyala. 

Karena saksi merasa curiga korban tidak ada di rumah, lanjut Deni, akhirnya mencarinya di sekitar rumah termasuk ke dalam sumur.

Setelah itu saksi melihat korban tergantung di dalam sumur dalam keadaan tali yang terbelit ke bagian badan.

"Korban diduga sebelumnya akan mengecek air di dalam sumur karena kekeringan, pada saat akan turun ke dalam sumur, diduga korban tergelincir dan bagian kepala terbentur ke batu yang menempel di dinding sehingga mengalami luka serta kehabisan darah dan pada akhirnya meninggal dunia, itu yang kami dapatkan dari keterangan saksi di lokasi,"bebernya.

Setelah berhasil di evakuasi, kata Deni, pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk melakukan pemeriksaan.

"Kami langsung berkoordinasi dengan Puskesmas untuk pemeriksaan pada korban. Namun pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi dengan membuat surat pernyataan dan menganggap kejadian tersebut merupakan musibah dan telah menerima secara lapang dada,"pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut