get app
inews
Aa Read Next : H-2 Arus Mudik di Jalur Selatan Jabar via Limbangan -Malangbong Garut Menurun

Jelang Liburan Nataru, Polri Himbau Keselamatan Pemudik

Sabtu, 23 Desember 2023 | 17:14 WIB
header img
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Shandi Nugroho terkait himbauan keselamatan mudik liburan nataru. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsGarut.id – Jelang liburan natal 2023 dan tahun baru 2024, Polri berikan himbauan keselamatan pemudik. Sejumlah 129.923 personel gabungan TNI, Polri, dan stakeholder lainnya siap dikerahkan untuk membantu kenyamanan dan keamanan selama nataru.

Untuk masyarakat yang akan bepergian mengisi waktu liburan nataru, beberapa hal perlu diperhatikan seperti menjaga kondisi fisik dan kesehatan pribadi, memeriksa kelayakan kendaraan bagi yang akan menggunakan kendaraan pribadi, menyiapkan serangkaian kebutuhan perjalanan seperti tiket dan e-tol.

Juga yang terpenting selalu menyiapkan kotak P3K sebagai penjagaan jika sakit dalam perjalanan dan sebelum bepergian cek kembali keamanan rumah.

Kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Shandi Nugroho, menjelaskan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, agar berhenti dan istirahat jika sudah dalam keadaan lelah mengemudi. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Manfaatkan rest area yang telah disiapkan jika lelah berkendara. Patuhi segala arahan petugas di lapangan agar selamat dan aman," ujarnya.

Adapun puncak arus mudik libur natal diprediksi terjadi pada Jumat, 22 Desember dan Minggu, 24 Desember 2023. Sedangkan arus balik libur natal diprediksi terjadi pada Selasa, 26 Desember dan Rabu, 27 Desember 2023.

Guna mengamankan dan memperlancar arus mudik dan balik saat libur natal dan tahun baru, Sandi menuturkan, pihaknya bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengatur pembatasan operasional angkutan barang di ruas jalan tol.

Untuk arus mudik libur natal, pembatasan akan berlangsung mulai Jumat, 22 Desember pukul 00.00 WIB hingga Minggu, 24 Desember pukul 24.00 WIB. Sementara pada arus balik libur natal mulai Selasa, 26 Desember pukul 00.00 WIB hingga Rabu, 27 Desember pukul 08.00 WIB.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut