get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Gunungan Sampah di Jalan Ibrahim Adjie Garut Dibersihkan

Jum'at, 02 Februari 2024 | 14:52 WIB
header img
Kegiatan Gerakan Zero Waste dilakukan di Jalan Ibrahim Adjie, Jum'at (2/2/2024). Foto: Istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Gunungan sampah di jalan baru Ibrahim Adjie hari ini dibersihkan, Jum'at (2/2/2024) dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional 2024.

Kegiatan bertajuk Gerakan Zero Waste untuk atasi sampah plastik dengan cara produktif ini dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut bersama jajaran pemerintah Garut. 

Disepanjang Jalan Ibrahim Adjie terpantau orang-orang bergotong royong membersihkan sampah. Mulai dari membersihkan sampah di selokan, memotong rumput di pinggir jalan, dan memungut sampah di sekitar jalan.

Jujun Juansyah, Kepala DLH Kabupaten Garut menyampaikan jika gerakan Zero Waste ini dilakukan per 100 meter. 

“Kami coba di jalan Ibrahim Adjie. Ini dibagi secara merata per 100 meter ya untuk semua SKPD dan Forkopimda serta unsur lainnya untuk melakukan gerakan pungut sampah,” kata Jujun Juansyah usai kegiatan.

Gerakan Zero Waste merupakan bentuk sinergitas yang dicanangkan Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin. Selain gerakan Zero Waste, akan dilakukan penataan taman dan kegiatan Kamis Jum'at Bersih.

“Ada 3 hal yang di ke pesankan Pj Bupati Garut kepada DLH, di antaranya adalah gerakan Zero Waste, penataan taman, dan kegiatan Kamis Jumat,” ujarnya.

Kata Jujun, kegiatan ini akan kembali dilakukan dengan melibatkan komunitas, masyarakat, unsur kecamatan dan yang akan dilakukan diseluruh wilayah Kabupaten Garut. 

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan mengapresiasi kegiatan gerakan Zero Waste dan mengingatkan jika permasalahan sampah plastik menjadi tanggung jawab bersama.

“Masalah sampah plastik adalah tanggung jawab bersama, semua komponen masyarakat,” kata Yudha.

Ia berharap masalah sampah plastik dapat teratasi dan ia pun mendukung program DLH Kabupaten Garut dalam pelayanan manajemen pengangkutan sampah TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu).

“Tentu harapan kita di setiap kecamatan ada TPST tempat pengolahan sampah terpadu,” kata Yudha.

Dalam kegiatan gerakan Zero Waste ini pun Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin langsung membersamai membersihkan sampah di Jalan Ibrahim Adjie. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut