get app
inews
Aa Read Next : Tiga Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Garut

Harlah ke-101, PCNU Garut Angkat Tema Memacu Kinerja, Mengawal Kemenangan Indonesia

Rabu, 07 Februari 2024 | 21:43 WIB
header img
Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-101 Nahdatul Ulama dan Peringatan Isra Mi'raj, di Gedong Hejo, Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (7/2/2024). Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Garut menggelar peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-101 Nahdatul Ulama dan Peringatan Isra Mi'raj. Acara tersebut berlangsung di Gedong Hejo, Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (7/2/2024).

Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra), Bambang Hafidz, atas nama pemerintah daerah, menyampaikan ucapan selamat kepada Nahdatul Ulama yang telah memasuki usia ke-101. Ia menekankan komitmen NU terhadap 4 pilar kebangsaan, yang menjadi landasan dalam perjalanan organisasi tersebut.

"Tentu komitmen ini tidak terlepas dari riwayat sejarah panjang NU yang tadi disampaikan, yaitu NU tentu menjaga komitmen tersebut yang dari sejak tadi diriwayatkan mengenai sejarah NU Indonesia merdeka tahun 45," ucapnya.

Selain itu, Bambang juga menyoroti kontribusi tokoh-tokoh NU dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia baik dalam pemikiran maupun tindakan.

Bambang menegaskan pentingnya komitmen NU terhadap pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Kebhinekaan.

Ketua PCNU Kabupaten Garut, KH Atjeng Abdul Wahid, menyampaikan bahwa di abad ini, Nahdatul Ulama harus dapat menjaga, memelihara, serta mengurus jagat mulai dari lingkungan kecil keluarga hingga ke lingkup daerah Kabupaten Garut.

"Kita punya jagat mulai dari lingkungan kecil keluarga sampai Kabupaten Garut berkewajiban kita urus sampai terurus pindah (menjadi) maju," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Abdusy Syakur Amin, menjelaskan perbedaan dalam pelaksanaan Harlah NU ke-101 dengan tahun sebelumnya. Meskipun dilakukan secara sederhana, peringatan tersebut tetap dianggap penting dan sarat makna.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut