get app
inews
Aa Read Next : Tiga Rumah di Leles Rusak Berat Tertimpa Pohon, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Fakta Menarik Kampung Amsterdam di Garut Dihuni Keturunan Belanda

Senin, 12 Februari 2024 | 20:35 WIB
header img
Fakta Menarik Kampung Amsterdam di Garut. Foto Okezone.

GARUT, iNewsGarut.id – Kabupaten Garut mempunyai segudang objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satunya Kampung Amsterdam yang berada di kaki Gunung Cikuray, saat ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat digandrungi oleh wisatawan.

Dijuluki kampung Amsterdam karena dihuni keturunan Belanda, dan bangunan -bangunan yang ada merupakan peninggalan dari orang-orang Belanda kala berada di Indonesia.

Kampung Amsterdam dikelola sejak mulai 2016 lalu, dimana pihak pengelola menyulap sedikit area perkebunan teh yang berada di depan kampung untuk dijadikan tempat beristirahat oleh para wisatawan yang datang.

Selain itu terdapat juga balai -balai seperti balai pohon, dan balai yang berbentuk perahu yang dapat dijadikan para wisatawan untuk berswafoto.

Kampung Amsterdam dihuni oleh 24 orang warga sekitar 12 rumah. Dan uniknya, bangunan -bangunan rumah tersebut asli peninggalan Belanda yang belum pernah sedikitpun di renovasi.

Rumah-rumah yang berada di kampung Amsterdam berdiri di tangan seluas 7 hektar, dimana dibangun semi permanen dengan perpaduan bilik rajutan kayu dan tembok.

Bangunan bekas Belanda di Kampung Amsterdam rata-rata dibuat pada tahun 1913, meski begitu beberapa diantaranya masih berfungsi dengan baik. Selain rumah, terdapat pula saluran air sepanjang 300 meter di tempat ini.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut