get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Dapil II Sambut Kedatangan Dudung Sudiana Bacalon Bupati Garut

Garut Jadi Anutan Bumdes, DPMD Kota Prabumulih Kunjungi DPMD Garut

Jum'at, 01 Maret 2024 | 08:13 WIB
header img
Kadis DPMD Kota Prabumulih Palembang,  A. Fauzan diwawancarai saat kunjungan kerja ke DPMD Kabupaten Garut, Kamis (29/2/2024). Foto: iNewsGarut.id/Huriyyatul Wardah.

GARUT, iNewsGarut.id – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dikelola sejumlah desa Kabupaten Garut menjadi studi banding bagi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Prabumulih, Palembang, Sumatera Selatan hari ini, Kamis (29/2/2024).

Menjadi anutan, Garut memiliki sejumlah bumdes dengan kegiatan mengelola wisata desa dan membuka akses seluasnya pada penduduk agar bisa mengambil berbagai peran yang dibutuhkan dalam kegiatan usaha wisata tersebut.

Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas DPMD Kota Prabumulih, A. Fauzan menerangkan bahwa kedatangannya bersama rombongan adalah untuk bersilaturahmi serta menambah wawasan untuk meningkatkan bumdes di Prabumulih.

“Ini adalah dalam rangka yang pertama untuk bersilaturahmi. Yang kedua, kami juga ingin menambah wawasan menimba ilmu dengan DPMD ini dalam rangka peningkatan bumdes,” ujarnya saat ditemui di Aula DPMD Garut, Jl. Otista No.176, Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Dalam studi banding ini, DPMD Garut menghadirkan 3 bumdes sebagai contoh konkret pengelolaan bumdes dalam diskusi siang tadi.

“Yang dihadirkan hari ini ada 3 bumdes,” terang Kepala Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) DPMD Garut, Idad Bahrudin.

Diantaranya ada dari Desa Sukalaksana yang bumdesnya memiliki inovasi desa wisata, Desa Banyuresmi yang Bumdesnya memiliki pasar desa, serta Desa Cijolang yang memiliki kerja sama antara bumdesnya dengan suatu perusahaan.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut