get app
inews
Aa Read Next : Percepat Olah Lahan dan Tanam, Dinas Pertanian Garut Lakukan Pompanisasi

Anggota DPRD Garut Blusukan Temui Warga Miskin

Senin, 09 September 2024 | 06:01 WIB
header img
Anggota DPRD Garut saat memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan di Desa Surabaya, Kecamatan Limbangan, Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Anggaran dokumentasi pimpinan daerah sebesar Rp.1,8 milyar, saat ini menyita perhatian publik. Anggaran sebesar itu tidak sebanding dengan anggaran untuk bidang rehabilitasi sosial yang ada di Dinas Sosial Garut seperti penyandang disabilitas, lansia duafa, anak terlantar, dan janda duafa.

Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan pun membuktikannya, hari ini Minggu (8/9/2024), menemui tiga warga yang ada di Desa Surabaya, Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat, yang hidupnya dibawah garis kemiskinan.

Dimana lokasi pertama, Yudha menemui Siti Rohayah (43) janda dengan anak 8, yang tinggal di rumah tidak layak huni di Kampung Kaung Luwuk RT 01/06, Desa Surabaya, Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat.

"Lokasi pertama Saya menemui ibu Siti Rohayah janda anak 8 tinggal di rumah tidak layak huni. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ibu Siti ini berprofesi sebagai perajin sangkar burung,"ungkapnya.

Kemudian, Yudha pun di lokasi kedua menjumpai Uning (63) seorang janda lansia sebatang kara yang tinggal di rumah sangat tidak layak huni.

"Saya juga menemui Ibu Uning masih di Kampung Kaung Luwuk Desa Surabaya, rumahnya sangat tidak layak huni. Ibu Uning ini membuat cobek yang terbuat dari tanah liat untuk menafkahinya. Ibu Uning ini dalam 2 hari mampu membuat 10 cobek yang ia jual ke pasar dengan harga Rp. 5 ribu. Tentu ini sangatlah memperihatinkan,"ujarnya.

Beranjak dari situ, legislator PDI-Perjuangan itu pun melihat Abah Zaedin dan Ibu Erum di Kampung Babakan Surabaya. "Kondisi Abah Zaedin ini tidak bisa melihat, dan istrinya Ibu Erum tidak bisa berjalan. Tentu kondisinya  sangat memperihatinkan,"kata Yudha.

Sebagai bentuk empati dan rasa kepedulian itu, Yudha pun memberikan sembako dan uang tunai kepada tiga warga yang membutuhkan bantuan dari semua pihak.

Yudha pun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Garut juga Kementrian Sosial agar ketiga warga ini mendapatkan bantuan baik itu rehab rumahnya maupun kewirausahaan.

"Harapannya Ibu Siti, Ibu Uning, Abah Zaedin, tentu ini menjadi tanggung jawab Kita bersama. Saya akan koordinasikan kepada Pemkab Garut bisa melalui Baznas, CSR BJB atau perusahaan lainnya, agar ketiga warga ini mendapatkan bantuan,"pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut