get app
inews
Aa Read Next : Di Ultah Persigar ke-75, H Dudung Sudiana Siap Dukung Kemajuan Sepakbola Garut

Rekomendasi 15 Makanan Garut Untuk Dijadikan Oleh-oleh

Selasa, 01 Oktober 2024 | 14:01 WIB
header img
Makanan khas Garut , Dodol Garut telah menjadi ikon. (Foto: Vessy/OKEZONE).

GARUT, iNewsGarut.id – Makanan khas Garut jadi informasi yang perlu diketahui banyak orang. Khususnya, bagi kamu yang akan berkunjung ke daerah Garut tersebut. 

Sebagian masyarakat mengenal Garut sebagai daerah produksi makanan khas yaitu dodol. Meski begitu, ternyata banyak makanan khas Garut selain dodol yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk oleh-oleh.

Berikut iNewsGarut.id sajikan informasi mengenai makanan khas Garut dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (01/10/2024).

Makanan Khas Garut

1. Dodol Garut

Seperti namanya, dodol Garut merupakan salah satu makanan khas Garut. Kini dodol garut ini memiliki beragam rasa. Seperti rasa, ketan hitam, nanas, dan lain-lain. 

2. Surabi Garut

Surabi merupakan salah satu makanan khas Garut yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah, dan air.

3. Jeruk Garut

Garut juga memiliki buah-buahan khas yakni jeruk Garut. Berbeda dengan jenis jeruk lainnya, jeruk satu ini memiliki rasa yang khas dan segar. Jeruk ini bisa di dapatkan di salah satu wisata yang ada di Kecamatan Cikajang yaitu di Agrowisata dan Kebun Edukasi.

4. Angleng dan Wajit

Makanan khas Garut yang sama-sama dibungkus dengan daun jagung. Serupa dengan dodol Garut ini, terbuat dari bahan utama beras ketan dan gula merah. 

5. Burayot

Makanan khas Garut yang terbuat dari tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa ini berwarna coklat dan rasanya manis karena terdapat gula merah di dalamnya.

6. Endog Lowo atau Emplod

Sesuai namanya, makanan ini bentuknya mirip endog (telur). Makanan ini terbuat dari singkong dan berasal dari Kampung Lowo di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. 

7. Sambal Cibiuk 

Sambal Cibiuk merupakan sambal khas kota Garut yang berasal dari Kecamatan Cibiuk. Adapun, sambal ini terbuat dari berbagai bahan. Seperti tomat hijau, surawung (Daun kemangi), cabai rawit, bawang putih, kencur, terasi goreng, garam, gula merah, dan air jeruk nipis. 

8. Dorokdok

Dorokdok adalah olahan kerupuk berbahan baku kulit sapi dan kerbau yang banyak diproduksi di daerah Sukaregang, Kecamatan Garut Kota. Rasanya yang kriuk dan gurih, tak ayal membuat siapapun penasaran.

9. Ceprus

Makanan yang bisa diperoleh di daerah Garut bagian selatan seperti di Cihurip. Makanan ini diproduksi di daerah penghasil sentra gula merah asli dari pohon kawung (aren).

10. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas Garut yang terbuat dari olahan bumbu dan rempah, seperti cabai, bawang putih, minyak kelapa, daun salam, garam, serai, dan lengkuas. 

11. Pindang Ikan

Penampilan ikan pindang Garut hampir mirip dengan ikan pindang di daerah lainnya. Hal yang membedakannya adalah cara pengolahan yang berbeda. Tentu, itu membuat ikan pindang Garut juga memiliki cita rasa tersendiri yang khas. 

12. Baso Aci Garut

Baso aci satu ini sebenarnya punya bahan yang hampir mirip dengan baso aci pada umumnya. Namun, hal yang membedakannya adalah disajikan dengan bumbu khas Garut. Baso aci khas Garut disajikan dengan semangkok baso aci. Lalu, ditambah daging sapi, ceker ayam dan ada cuanki, dan kencur.

13.  Es Goyobod

Garut juga memiliki minuman khasnya tersendiri yaitu es goyobod. Es yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji ini cocok jika diminum di siang hari dan cuaca yang panas. 

14. Opak 

Opak merupakan makanan khas terbuat dari tepung beras atau ketan. Kemudian, diolah dengan berbagai macam bahan, seperti bumbu garam, gula, kelapa parut dan penyedap.

15. Moring Garutan

Moring Garutan adalah sebuah keripik yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu ditambah penyedap rasa. Garutan ini bisa juga disebut sebagai cimol yang digoreng atau cimol kering (moring). 

Demikian ulasan mengenai makanan khas Garut. Semoga bermanfaat!

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut