get app
inews
Aa Read Next : Sebelum Diamankan Polisi, Curanmor di Limbangan Garut Sempat Dihakimi Massa

Revitalisasi Situ Bagendit Garut Sudah 40 Persen, Ditarget Selesai Desember 2021

Kamis, 23 September 2021 | 10:41 WIB
header img
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat peletakan batu pertama revitalisasi objek wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut pada November 2020 lalu. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

GARUT, iNews.id - Progres revitalisasi objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat sudah mencapai 40 persen. Dalam waktu tiga bulan proyek revitalisasi ditarget selesai 100 persen pada Desember 2021. 

Fakta tersebut terungkap saat Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau proyek revitalisasi objek wisata Situ Bagendit dengan sumber anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp100 miliar, Rabu (22/9/2021). "Sekarang sisa waktu tiga bulan, harus selesai sesuai schedule," kata Wabup Garut. 

Helmi menyatakan, telah beberapa kali meninjau langsung proses pengerjaan revitalisasi objek wisata Situ Bagendit yang sedang didorong menjadi tujuan wisata dunia itu. Pemerintah pusat, telah mengucurkan anggaran yang cukup besar yakni Rp100 miliar untuk membangun objek wisata danau tersebut agar lebih menarik dan memiliki kesan istimewa. 

BACA JUGA:

Lengan Bertato, Perempuan Pekerja Karaoke Ini Ketakutan saat Akan Disuntik Vaksin

Masyarakat Garut, ujar Helmi, sudah tidak sabar ingin melihat perubahan Situ Bagendit dan pastinya bisa memberikan manfaat bagi perekonomian Garut. "Makanya saya minta sampai Desember 2021 selesai. Saya terus tekan," ujar Helmi. 

Hasil peninjauan, tutur Wabup, pelaksanaan revitalisasi objek wisata Situ Bagendit baru 40 persen yakni baru selesai membangun jalur bagi pejalan kaki. Sedangkan sarana lain masih dalam proses pengerjaan. 

Dalam sisa waktu tiga bulan penanggung jawab proyek harus dapat menyelesaikan revitalisasi sesuai jadwal dan target. Selanjutnya objek wisata Situ Bagendit bisa dibuka untuk umum dan memberikan manfaat luar biasa bagi Kabupaten Garut.  "Kami harap ini bisa mendongkrak Garut, jadi kita sangat menginginkan Bagendit ini selesai," tutur Wabup. 

Diberitakan sebelumnya, objek wisata Situ Bagendit ditata menjadi sebuah kawasan wisata berkelas dunia seiring pelaksanaan Groundbreaking Ceremony penataan Situ Bagendit. Acara tersebut langsung dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

"(Groundbreaking penataan kawasan wisata Situ Bagendit) ini mengawali sebuah proses konstruksi yang akan menjadi semangat pemulihan ekonomi Jabar, khususnya Garut," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Kamis (12/11/2020). 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut