get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Bupati Nyatakan Garut KLB Wabah PMK

Senin, 23 Mei 2022 | 16:31 WIB
header img
Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak sebagai KLB, Senin (23/5/2022).

GARUT, iNews.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyatakan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sebagai kejadian luar biasa (KLB). Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut jumlah hewan yang terpapar hampir mencapai 1.000 ekor. 

"PMK ini sudah dinyatakan kejadian luar biasa. Kita sudah koordinasi, bahkan TNI-Polri dilibatkan. Jumlahnya sudah hampir seribu (ekor) ya," kata Rudy Gunawan kepada wartawan, Senin (23/5/2022). 

Ia menjelaskan penyebaran wabah PMK di Kabupaten Garut berlangsung cepat. Dari 42 kecamatan, tambah dia, wabah PMK telah menjangkiti hewan ternak sapi dan domba di 12 kecamatan. 

"Kita akan selesaikan dengan lockdown. Biasanya sebulan atau dua bulan menjelang Idul Adha, sapi-sapi dari Jawa (Jawa Tengah) suka dikirim ke sini, nah nanti ada check point di Malangbong," ujar Rudy.

Ia menegaskan, sapi-sapi yang datang dari luar daerah akan diperiksa di perbatasan Garut. Mereka hanya bisa masuk saat para pemilik menunjukan bukti surat tanda sehat.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut