get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Bukan Faktor Alam, Lubang Misterius di Malangbong Garut Tetnyata Bekas Septic Tank

Jum'at, 10 Juni 2022 | 05:38 WIB
header img
Warga bergotong royong menutupi lubang yang menjadi penyebab runtuhnya rumah di Kampung Lewo Wetan, Desa Lewo Baru, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

GARUT, iNews.id Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyatakan robohnya dapur salah satu rumah di Kampung Lewo Wetan, Desa Lewo Baru, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut beberapa waktu lalu bukan karena faktor alam. Berdasarkan pemeriksaan, lubang misterius yang ramai disebut-sebut menjadi penyebab runtuhnya dapur itu ternyata bekas lubang sumur. 

"Bukan, bukan faktor alam, itu karena awalnya sumur dan bekas urukan," kata Kepala BPBD Kabupaten Garut Satria Budi, kepada wartawan, Kamis (9/6/2022). 

Budi menjelaskan, urukan tanah di atas lubang sumur itu diduga tak kuat menahan beban konstruksi bangunan dapur di rumah warga tersebut. Akibatnya, bangunan ambruk tiba-tiba seolah terhisap ke dalam lubang. 

"Kami sudah menerima laporan adanya tanah ambles di rumah warga. Laporan tersebut sudah kami tindaklanjuti bersama aparatur pemerintah kecamatan beserta desa setempat," ujarnya. 

Kepastian terkait lubang bekas sumur ini, kata Budi, diperkuat dari peninjauan langsung di lapangan dan keterangan pemilik rumah sebelumnya, bahwa rumah tersebut dibangun di atas lahan urukan. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut