Sosialisasi Pilkades Serentak 2023 Dimulai di Ujung Utara Garut

Hendrik Prima
Sosialisasi Pilkades Serentak Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (17/1/2023). Foto (ist).

GARUT, iNewsGarut.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut mulai mensosialisasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2023, Sosialisasi dimulai di ujung utara kabupaten Garut, yakni di Kecamatan Malangbong, bertempat di Aula setempat. Selasa (17/1/2023).

Ada 5 Desa di Kecamatan Malangbong yang akan menggelar Pilkades serentak Tahun ini, diantaranya Desa Mekarasih, Mekarmulya, Sukamanah, Sukajaya, dan Sakawayana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Garut juga selaku Ketua Panita Pilkades serentak Tahun 2023 tingkat kabupaten, Wawan Nurdin, mengatakan sesuai amanat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) jika penyelenggaraan Pilkades ini diharapkan tidak mengganggu tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung tahun 2024 nanti.

Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini, ia berpesan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) hingga ke panitia pemilihan tingkat desa di awal tahapan Pilkades ini, untuk senantiasa berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain.

"Makanya nanti dalam segala sesuatu ini panitia pemilihan kepala desa ini bisa koordinasi langsung dengan Forkopimcam ataupun dengan panitia pemilihan kepala desa tingkat kabupaten, biar nanti juga ya (jika) ada permasalahan-permasalahan sedikit apapun juga bisa terantisipasi, karena kita menyangkut dengan menghadapi tahapan Pemilu," ujar Wawan.

Terlebih ia menilai jika dalam tahapan Pilkades ini selalu menemui beberapa persoalan khususnya terkait dengan verifikasi ijazah bakal calon (balon) kepala desa (kades). Akan tetapi, guna mengantisipasi hal tersebut, panitia pemilihan tingkat kabupaten, imbuh Wawan, pihaknya sudah menyiapkan tim yang terdiri dari Dinas Pendidikan (Disdik) Garut dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Garut, untuk memverifikasi ijazah tadi.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network