10 Makanan Khas Lebaran yang Selalu Ada di Hari Raya Idul Fitri, Wajib Coba

Dindin Ahmad S
Makanan Khas Lebaran yang Selalu Ada di Hari Raya Idul Fitri, Wajib Coba. (Foto Okezone.com).

6. Semur

Semur merupakan hidangan berbahan dasar daging atau ayam yang memiliki kuah coklat dengan rasanya yang manis dan gurih. Umumnya, selain ayam, semur juga dimasukkan beberapa bahan lainnya seperti telur atau tahu.

7. Kastengel

Makanan khas lebaran selanjutnya yaitu kastengel. Makanan ini sama seperti nastar, karena merupakan grup kue-kue yang wajib ada di momen Idul Fitri untuk menyambut tamu.

Kastengel terbuat dari tepung terigu dan keju yang melimpah, sehingga membuat makanan ini memiliki rasa asin dan gurih. Selain dicampur ke dalam adonan, pada bagian atas pun ditaburi lagi keju parut yang renyah karena terpanggang di oven.

8. Gulai Sayur

Selanjutnya ada gulai sayur. Makanan khas lebaran ini berbahan dasar sayuran, seperti daun singkong, nangka muda, dan lain sebagainya.

Kuah gulai terasa gurih dan cukup pekat akan rempah-rempahan, karena terbuat dari santan, bawang, lengkuas, jahe, hingga kunyit.

9. Sayur Lodeh

Sayur lodeh biasanya disantap untuk menu makan sehari-hari. Tapi, sayur dengan kuah santan khas Jawa Tengah ini juga menjadi salah satu hidangan favorit pada saat lebaran.

Cita rasanya gurih, karena berisi sayuran seperti kacang panjang, terong, dan labu siam.

10. Ayam Woku

Di Sulawesi Utara, masyarakat muslim di sana seringkali membuat ayam woku ketika memasuki Hari Raya Idul Fitri. Ayam woku ini memiliki cita rasa yang pedas, segar, dan kaya akan rempah-rempahan. Aroma kemangi yang tercium harum pun menambah selera makan di momen lebaran.

Itulah 10 makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ada di momen Hari Raya Idul Fitri.

Editor : ii Solihin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network