Kasus TBC Paru di Limbangan Garut Tinggi, Puskesmas Sudah Tangani 202 Pasien

Hendrik Prima
Puskesmas Limbangan Garut. Foto iNewsGarut.id/ Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Tuberkulosis atau TB adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru dan mengakibatkan pengidapnya mengalami sesak napas disertai batuk kronis.

Di kabupaten Garut sendiri kasus penyakit ini tinggi salah satunya di Kecamatan Limbangan, ada 202 pasien yang sudah ditangani oleh Puskesmas Limbangan, Garut, Jawa Barat.

"Sudah ada 202 Kasus TBC Paru yang ditangani oleh Puskesmas Limbangan, dimana paling dominan rentan di usia 20-59 tahun, meskipun ada pada anak sebagian kecil,"ungkap Kepala Puskesmas Limbangan dr. Firman Herlambang kepada iNewsGarut.id, Kamis (5/10/2023).

Meski begitu, kata Firman, pihaknya selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat cara mencegah penyakit TBC Paru ini, menurutnya, dengan selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat, budayakan etika batuk, kemudian kenali gejala sakit TBC dengan cara mengakses fasilitas pelayanan kesehatan,"ujarnya.

Firman menambahkan, Bila gejala batuk lebih dari 2 Minggu disertai demam, kemudian penurunan berat badan atau susah naik, bengkak kelenjar getah bening, ada kontak dengan orang sakit TBC misal tinggal serumah atau atau berinteraksi tanpa menggunakan Masker standar, segera bawa pasien ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan tindakan medis.

"Kami akan terus mengedukasi terkait dengan penyakit TBC ini, agar masyarakat tau dan bagaimana cara mencegahnya, terutama budaya hidup sehat dan bersih di lingkungan sekitar,"imbuhnya.

Kepala Puskesmas dr. Firman Herlambang menerangkan dengan terus melakukan langkah seperti sosialisasi, penyuluhan untuk promosi kesehatan, "Insya Alloh kasus TBC khususnya di Limbangan Garut menurun, terutama kerjasama dengan Kader TB, serta melakukan active case finding, salah satu cara untuk mencegah penyakit ini,"pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network