Jalan Poros di Desa Banjarwangi Jadi Prioritas Pembangunan 2024

Indra Sanjaya
Peningkatan pembangunan infrastruktur Jalan Desa Banjarwangi di Kampung Cisitu. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya.

GARUT, iNewsGarut.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarwangi, akan prioritaskan pembangunan akses jalan poros penghubung antar desa guna mempermudah mobilisasi warga.

Akses jalan poros penghubung antara Desa Banjarwangi dengan Desa Talagasari itu, merupakan satu-satunya jalan penghubung dari dua desa tersebut.

"Jalan tersebut sudah tersentuh pembangunan pada 2020 melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW)," kata Kepla Desa (Kades) Banjarwangi, Yogi Hapit, Senin (20/5/2024).

Dikatan Yogi, karena aktifitas mobilisasi warga dari kedua desa padat dan banyakanya kendaraan berat yang melintas di jalan tersebut, maka terjadi penyusutan di beberapa titik badan jalan.

"Kami sudah melakukan musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarkat untuk rehabilitas jalan tersebut," katanya.

Masih kata Yogi, untuk pembangunan infrastuktur melalui dana desa memang bergilir. Artinya yang menjadi prioritas hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang disepakati bersama.

"Kita realisasikan setiap anggaran sesuai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) yang telah disepakati dan di sahkan bersama unsur Badan Permusyawarahan Desa (BPD)," jelasnya.

Lanjut Yogi, pihaknya sedang menggenjot pembangunan infrastuktur jalan salah satunya di Kampung Cisitu. Ia juga akan merhab jalan poros yang terletak di Kampung Caringin.

"Memang jalan di Kampung Caringin itu merupakan jalan hidup hampir setiap hari kendaran berat pun hilir mudik melintasi akses jalan poros tersebut. Kami sudah mengagendakan melakukan perbaikan," katanya.

Disebutkan Yogi, pihaknya sedang meningkatkan pembangunan infrastuktur jalan desa guna menunjang mobilisai warga. 

"Insyallah ditahun ini kami akan anggaran Banprov untuk pembangunan jalan dari Kampung Cinurasa sampai depan Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarwangi sekaligus rehabilitasi jalan Kampung Caringin,"pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network