Tingkatkan Kompetensi Menulis ASN Garut,Jari Komunal Gelar FGD

Hendrik Prima
Pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) tingkatkan kompetensi ASN Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Jaringan Koordinasi dan Komunikasi Jabatan Fungsional (Jari Komunal) menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait dasar penulisan yang berlangsung di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (12/6/2024).

Fungsional Analis Kebijakan - Ahli Madya, Nani Rohaeni, menjelaskan bahwa Jari Komunal bermula dari inisiasi ASN JF di lingkungan Pemkab Garut. Sejak terbentuk pada tahun 2018, komunitas ini telah menghasilkan berbagai kegiatan, termasuk seminar yang mendapat antusiasme tinggi dengan peserta mencapai 360 orang, jauh melebihi target awal 100 orang.

Nani menyatakan bahwa Jari Komunal kini berencana mengadakan workshop untuk meningkatkan kemampuan menulis para pesertanya. Ia berharap ASN Non JF juga dapat ikut serta, sehingga seluruh ASN di lingkungan Pemkab Garut memiliki kemampuan menulis yang baik.

"Kemampuan menulis ini penting untuk mendorong ASN berkarya dalam kinerjanya di SKPD masing-masing, dengan tulisan yang bisa dipublikasikan baik di media pemerintah maupun media massa lainnya," lanjutnya.

Nani juga mengungkapkan banyaknya permintaan pelatihan penulisan karya ilmiah dari JF, karena, menurutnya, tidak semua orang mampu menulis karya ilmiah.

"Membuat karya ilmiah itu biasanya perencana, peneliti, dan analis kebijakan, juga hukum ya, itu JF hukum biasanya harus karya ilmiah," ucapnya.

Karenanya, FGD ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi JF di Pemkab Garut sebagai jabatan karir yang sangat dibutuhkan oleh pemerintahan.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network