Angka Stunting Masih Tinggi, Garut Jadi Lokasi Peluncuran Aplikasi Kesehatan

Hendrik Prima
Dinkes Jabar launching aplikasi kesehatan di Garut upaya menekan angka stunting. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Angka stunting di Jawa Barat masih tinggi, dari total bayi sekitar 3.141.000 sebanyak 88.000 lebih alami stunting. Dalam upaya menekan angka stunting Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan integrasi layanan primer serta aplikasi sehat Indonesia (ASYIK), Garut salah satunya menjadi daerah peluncuran aplikasi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Vini Adiani Dewi mengatakan, peluncuran aplikasi kesehatan ini dalam rangka menekan angka stunting, kenapa memilih Garut?, imbuhnya, karena memang angka stunting di Garut terbilang masih tinggi sehingga dijadikan lokasi peluncuran aplikasi ini.

Selain itu kata Vini, peningkatan kualitas sumber daya manusia, edukasi terhadap masyarakat serta penyediaan sarana prasarana yang memadai menjadi fokus utama untuk pelayanan kesehatan yang optimal.

"Aplikasi kesehatan ini untuk meningkatkan pelayanan yang optimal sehingga harapannya menekan angka stunting,"kata Vini, Rabu (10/7/2024).

Untuk itu, jelas Vini, integritas layanan primer atau ILP menjadi hal yang penting dan berharap bisa menjadi metode untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terlebih program ini berfokus pada promotif dan preventif.

"Kita fokus pada promotif dan preventif, mudah-mudahan metode ini meningkatkan kesehatan masyarakat,"jelasnya.

Lebih lanjut Vini menuturkan, upaya pencegahan stunting melalui aplikasi Sehat Indonesiaku (ASYIK) dapat dimanfaatkan maksimal untuk pemantauan langsung oleh pimpinan daerah melalui data real time.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network