get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Gelar Pelatihan Tehnik Semai dan Budidaya Maggot

Kamis, 21 Juli 2022 | 17:48 WIB
header img
Pelatihan tekhnik Semai dan Budidaya Maggot di Rumah Semai Salarea Foundation, Desa Sukalilah, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Kamis (21/7/2022).

Pihaknya sengaja menggelar pelatihan budidaya maggot, karena maggot tersebut bisa menjadi salah satu opsi dalam mengarasi permasalahan sampah, khususnya sampah organik atau sampah basah.

"Maggot itu bisa menjadi pakan, maggotnya bisa dibikin tepung maggot sebagai substitusi pelet tepung ikan, konsentrasi maggot itu sekitar 50% proteinnya sementara tepung ikan 65%, jadi nggak jauh-jauh beda lah, jadi bisa dijadikan substitusi untuk pakan pelet yang mahal, nah dengan mengembangkan maggot itu keuntungannya sampah basah (atau) sampah organiknya bisa terserap," kata Dadan.

Ia berharap melalui beberapa kegiatan yang telah dilakukan bersama stakeholder lainnya ini, ada suatu perbaikan terhadap sisi lingkungan, dan peningkatan dari sisi ketahanan pangan.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekmat) Cibatu, Tina, menyambut baik kegiatan ini, dan ia berharap melalui kegiatan pelatihan ini bisa memperbaiki atau menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di Kecamatan Cibatu, mulai dari permasalahan sampah, ketahanan pangan, dan lingkungan.

"Masalah sampah memang sangat mengganggu, terutama untuk misalnya untuk menciptakan desa wisata ya, desa wisata itukan harus di tunjang dengan kenyamanan, kenyamanan warga masyarakatnya, lingkungan yang harus mendukung untuk suksesnya suatu desa wisata," ungkap Tina. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut