Logo Network
Network

Dalil Puasa Asyura Lengkap dengan Keutamaannya

Rilo Pambudi
.
Kamis, 28 Juli 2022 | 21:16 WIB
Dalil Puasa Asyura Lengkap dengan Keutamaannya
Dalil Puasa Asyura (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsGarut.id - Dalil puasa Asyura penting untuk diketahui setiap Muslim. Dalil ini dapat menjadi acuan dasar hukum dari amalan puasa tersebut. Puasa Asyura merupakan ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Bulan Muharram sendiri merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam.

Karena keistimewaan bulan Muharram, salah anjuran sunnah untuk dilakukan adalah berpuasa. Puasa di hari Asyura atau di tanggal 10 Muharram adalah salah satu amalan yang dianjurkan. Meski hukumnya sunnah, puasa Muharram dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki berbagai keutamaan. Berikut ini adalah dalil mengenai puasa Asyura serta keutamaannya.

Puasa di bulan Muharram merupakan amalan utama dan menjadi sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan. Hal itu sebagaimana dalam hadits dari Abu Hurairah RA, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim). Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم 

"Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram." (HR. Muslim).
 

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini