get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin-Kamis Lengkap dengan Terjemahnya

Puasa di Bulan Muharram Tanggal Berapa? Simak Bacaan Niat dan Keutamaan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 08:28 WIB
header img
Puasa di Bulan Muharram dilaksanakan tanggal 1, 9 dan 10 Muharram. Ada banyak keutamaan puasa sunnah ini. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsGarut.id Puasa di Bulan Muharram tanggal berapa dilaksanakan? Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia dalam Islam. Di bulan haram atau mulia ini, sangat disunnahkan atau muakkadah untuk berpuasa.  

Puasa di bulan Muharram disebutkan dalam hadits merupakan sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan. 

Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: 

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم 

Artinya: Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram." (HR. Muslim). Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam An Nawawi menyebutkan bahwa, “Hadits ini menunjukkan bahwa Muharram adalah bulan yang paling mulia untuk melaksanakan puasa sunnah.”

Puasa di Bulan Muharram Tanggal Berapa? 

Bulan Dzulhijjah segera berakhir dan umat Islam akan memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Mengacu pada SKB 3 Menteri yang memuat penetapan hari libur nasional, Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 hijriah jatuh pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2022.   

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut