get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Daya Beli Masyarakat di Pasar Tradisional Garut Turun

Jum'at, 09 September 2022 | 18:34 WIB
header img
Sejumlah ibu-ibu membeli bawang merah di salah satu kios Pasar Guntur Ciawitali Garut, Jumat (9/9/2022). Daya beli masyarakat pasca kenaikan harga BBM di sejumlah pasar tradisional mengalami penurunan. Foto iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah.

"Banyak faktor yang membuat harga cabai melejit, pertama faktor hama yang membuat panen terbatas, lalu naiknya harga BBM yang berpengaruh di pengangkutan. Turunnya daya beli masyarakat yang mencapai 50 persen, sangat berdampak pada kami selaku pedagang," ujar Oping. 

Akibatnya, lanjutnya, dia harus mengurangi stok komoditas yang harus dijual. Tak tanggung tanggung, pengurangan stok mesti dilakukan hingga 70 persen. 

"Misalnya, untuk cabai merah saya biasa belanja untuk stok itu antara 800 kwintal sampai 1 ton per hari. Karena daya beli turun, saya terpaksa mengurangi hingga 1,5 kwintal per hari," katanya.

Bila tidak dikurangi, pasokan di gudangnya akan menumpuk dan berdampak pada busuknya kualitas stok yang tersedia. "Sebagai pedagang, perputaran uang itu sangat penting untuk kelangsungan usaha. Menurunnya daya beli membuat saya sebagai pedagang mundur teratur, mengurangi stok dari biasanya," ucapnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut