get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Rumah yang Dirobohkan Rentenir di Banyuresmi Garut Ternyata Pernah Direhab Bantuan Rutilahu

Sabtu, 17 September 2022 | 06:45 WIB
header img
Ilustrasi rumah penerima bantuan rehab Rutilahu (okezone).

GARUT,iNewsGarut.id – Tindakan semena-mena rentenir di Kabupaten Garut berinisial A yang seenaknya merobohkan rumah warga hingga rata dengan tanah sudah kelewatan. Sebelum meruntuhkan rumah secara paksa, rupanya sepak terjang rentenir itu telah meresahkan warga. 

"Ternyata rentenir ini sudah meresahkan warga. Di Desa Cipicung ada banyak warga yang resah," kata Kepala Desa Cipicung Uban Setiawan, Jumat (16/9/2022). 

Meski begitu, ia tak mengetahui jumlah pasti warga yang menjadi nasabah rentenir tersebut. "Ada lebih dari satu yang pinjam ke Ai ini. Pinjamamnya bervariasi, ada yang Rp1 juta, Rp1,5 juta, ada yang Rp2 juta," sebut Uban. 

Perilaku meresahkan rentenir A ini terungkap setelah lintah darat itu meruntuhkan rumah seorang warga Kampung Haurseah RT02 RW10, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, bernama Undang di pekan lalu. Penyebabnya sepele, yakni karena Undang dan keluarganya tak mampu melunasi pinjaman sebesar Rp1,3 juta. 

"Warga takut karena dia (rentenir) punya bodyguard. Waktu rumah Pak Undang dirobohkan, Pak Undang beserta keluarganya tak ada di rumah," ucapnya. 

Undang dan keluarganya, kata Uban, merupakan warga miskin yang rutin mendapat bantuan dari pemerintah. Sehari-hari, Undang bekerja sebagai buruh serabutan yang tak memiliki penghasilan tetap. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut