get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Lestarikan Budaya, Seni Ketangkasan Adu Domba Garut Dikenalkan Pada Kaum Milenial

Senin, 19 September 2022 | 06:21 WIB
header img
Ketangkasan Domba Garut di lapangan Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang. Minggu (18/9/2022). Foto/Indra.

GARUT,iNewsGarut.id – Seni ketangkasan adu domba adalah salah satu tradisi sekaligus budaya yang telah mendarah daging dan turun menurun bagi warga masyarakat Garut, Jawa Barat.

Pelaksanaan ketangkasan adu domba Garut biasanya diiringi dengan berbagai musik kesenian tradisional, dihadiri juga oleh masyarakat para pecinta domba dari berbagai lapisan, baik masyarakat lokal ataupun luar Garut.

Menurut cerita, sejarah seni domba Garut sendiri berawal dari masa pemerintahan Bupati Suryakanta Legawa, sekitar tahun 1815-1829. Ia sering berkunjung ke sejawat perguruannya bernama Haji Saleh yang mempunyai banyak domba.

Guna melestarikan budaya yang melegenda ini, di arena adu domba seringkali ditemui banyak kalangan anak-anak. Hal tersebut dengan tujuan untuk memperkenalkan kesenian adu domba sejak dini kepada anak-anak agar tetap lestari.

Ujang Sukanda (45), salah satu pengurus Padepokan Buyut Sunda dari Desa Sukatani, Kecamatan Cisurupan, ia mengatakan bahwa anak-anak diajak ke arena adu domba yaitu untuk memperkenalkan seni tradisi leluhur agar menjadi generasi penerus.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut