Wabup Garut Akui Serapan Kredit Mesra di Garut Minim, Warga Rentan Jadi Korban Rentenir

Fani Ferdiansyah
.
Kamis, 22 September 2022 | 14:22 WIB
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau lokasi pembangunan ulang rumah Undang, warga Kampung Haurseah, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, yang dirobohkan rentenir beberapa waktu lalu.

GARUT,iNewsGarut.id – Pemerintah Kabupaten Garut akan menggencarkan sosialisasi program pinjaman Kredit Mesra. Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan program ini dapat meminimalisir masyarakat dari jeratan pinjaman rentenir. 

Saya imbau masyarakat jangan lagi pinjam ke rentenir, jasa rentenir. Ada lembaga resmi yang memberikan pinjaman seperti perbankan dan program Kredit Mesra yang digulirkan pemerintah provinsi, kata Helmi Budiman, Kamis (22/9/2022). 

Menurut dia, hingga saat ini masyarakat yang memanfaatkan pinjaman ke Kredit Mesra di Garut tergolong rendah. Hal itu dapat dibuktikan dengan minimnya serapan kredit yang disalurkan. 

Ini yang terserap masih kecil. Secara persis enggak tahu berapa serapannya, cuma yang jelas dari BJB saja infonya masih kecil, ujarnya. 

Ia menduga minimnya serapan Kredit Mesra tersebut disebabkan oleh rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap program pemerintah tersebut. 

"Masyarakat itu biasanya ketika mengakses informasi bahwa ada proses yang mesti dilalui, mereka malah mundur padahal prosesnya mudah dan tidak ada agunan. Nah disinilah persoalannya, tentu informasi dan sosialisasi perlu digencarkan," ungkap Helmi Budiman. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini