get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Mengunjungi Kampung Adat Pulo, Sejarah Perkembangan Islam di Leles Garut pada Abad ke-17

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 07:19 WIB
header img
Rumah-rumah dan mushala di Kampung Adat Pulo yang sampai saat ini masih terjaga keasliannya.Foto.iNewsGarut.id/Fani Ferdiansyah.

"Karena Embah Dalem Arif Muhammad punya keturunannya hanya tujuh, enam perempuan dan satu laki-laki, maka anak perempuan yang enam ini dilambangkan dengan rumah-rumah. Sedangkan satu anak laki-lakinya yang meninggal sejak masih kecil dilambangkan dengan mushola," ucapnya.

Dengan demikian, masyarakat yang kini berada di Kampung Pulo merupakan keturunan Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. Tatang menyebut saat ini Kampung Pulo ditempati oleh genereasi kedelapan, kesembilan, dan kesepuluh.

Tatang sendiri mengaku sebagai keturunan yang ke delapan dari Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. "Saya ditugaskan untuk menjaga situs-situs budaya yang ada di sini seperti makam karomah, karomah para aulia," katanya.

Menurut Tatang, ada beberapa pantangan yang sampai saat ini masih dipegang teguh dan dijaga masyarakat adat di Kampung Pulo, yaitu tidak boleh berziarah hari Selasa sampai ke hari Rabu. Kemudian dalam satu rumah tidak diperbolehkan ada dua kepala keluarga yang menetap.

"Misal anaknya menikah. Paling lama dua minggu mereka di sini, lalu harus keluar. Terkecuali, kalau ibu bapaknya sudah meninggal, jadi anaknya bisa kembali lagi (ke Kampung Pulo) untuk mengisi kekosongan," ujarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut