get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Data Jumlah Ruang Kelas Rusak Berbeda, Wabup Garut Bentuk Tim Verifikasi

Rabu, 19 Oktober 2022 | 06:20 WIB
header img
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau kondisi kerusakan atap SDN Mekarwangi I dan SDN Mekarwangi II, di Desa Mekarwangi, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Foto (Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNewsGarut.id – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyebut jumlah ruang kelas yang mengalami rusak berat dan harus direhabilitasi di daerahnya berbeda. Berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari laporan instansi terkait, jumlah ruang kelas yang mesti direhabilitasi akibat rusak berat berkisar di antara 900 sampai 1.000 unit. 

"Ada perbedaan mencolok, yang diajukan melalui Dapodik (Data Pokok Pendidikan) itu sangat kecil, kurang dari 50 kelas. Sementara yang langsung diajukan kepada dinas sangat besar,” kata Helmi Budiman, Selasa (18/10/2022). 

Jumlah ruang kelas rusak berat sebanyak 900 sampai 1.000 unit itu, lanjutnya, disampaikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut dan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut. 

"Saya harus melakukan verifikasi di lapangan untuk memastikan kondisi yang sesungguhnya seperti apa, apakah memang sebanyak itu," ujarnya. 

Wabup Garut mengungkapkan bahwa dia telah menugaskan tim yang dibentuk dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tim ini di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Permukiman, serta Inspektorat Daerah untuk melakukan verifikasi terkait data tersebut.

“Jadi kalau yang sudah tidak layak dari struktur, harus dibongkar menjadi ruang kelas baru lagi. Misal sudah rusak karena tanahnya bergerak, amblas itu kan strukturnya harus dibangun dari nol, tidak bisa hanya atapnya saja yang diperbaiki,” jelasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut