get app
inews
Aa Read Next : IPI Garut Suport Kegiatan Mahasiswa Bersama Super Musik

Wow ! Listrik di Kampus Ini Berasal dari Toilet dan Kotoran Manusia, Jadi Tercanggih di Dunia

Senin, 14 November 2022 | 15:15 WIB
header img
Toilet tercanggih di dunia, bisa ubah kotoran manusia jadi listrik. Foto : Istimewa

KOREA, iNewsGarut.id - Toilet di kampus negara Korea Selatan jadi yang tercanggih di dunia. Toilet yang dberi nama "BeeVi" dilaporkan mampu mengubah kotoran manusia jadi energi listrik.

Toilet canggih ini ditemukan dan digarap oleh Universitas Korea. BeeVi mulanya dipasang di laboratorium kampus tersebut, kemudian digunakan di seluruh gedung kampus.

Daya listrik pada gedung kampus itu rupanya berasal dari kotoran manusia sebagai bahan bakar utamanya.

Pencipta BeeVi, Cho Jae-won mengatakan, rata-rata manusia buang air besar sekitar 500 gram per hari. Jumlah ini ternyata bisa menghasilkan 50 liter gas metana yang bisa diubah menjadi eneergo listri sebanyak 0,5 kilowatt jam (kWh).

Maka dari itu, satu toilet saja sudah cukup untuk menjalankan mesin cuci piring atau menggerakkan mobil listrik sejauh satu kilometer.

Energi itu sangatlah berharga. Maka dari itu, BeeVi memberikan hadiah kepada para penyetor tinja dalam bentuk mata uang virtual yang disebut Ggool, atau dalam bahasa Korea berarti "Sayang".

Barang siapa yang memakai toilet ini, akan menerima 10 Ggool sehari. Menarik bukan? Maka dari itu, para mahasiswa terkejut sekaligus senang mengetahui hal ini.

Upah Ggool perhari ini setara dengan harga kopi, sehingga para mahasiswa bisa membelanjakan makanan ringan atau buku pada toko khusus di kampus.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut