get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Sungai Cikawah Meluap, Dua Kampung di Pangatikan Garut Diterjang Banjir

Minggu, 20 November 2022 | 07:32 WIB
header img
Salah satu bangkai kendaraan yang rusak akibat terbawa banjir di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Foto iNewsGarut.id/Fani Ferdiansyah.

GARUT, iNewsGarut.id – Dua kampung di wilayah Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, diterjang banjir pada Jumat 18 November 2022 malam. Satu rumah milik warga rusak berat, sementara 10 unit lainnya terendam.

Rumah warga yang rusak berat ini terletak di atas tebing tanpa penahan. Bagian belakang rumah tersebut terbawa longsor yang diakibatkan oleh terjangan banjir.

Tak hanya itu, dua mobil dan satu sepeda motor terbawa hanyut dalam peristiwa yang melanda Kampung Sadahurip dan Kampung Cinyusu tersebut. Komandan Koramil 1103/Sucinaraja Kapten Infanteri Dedi Saepuloh menerangkan, banjir di wilayah itu diakibatkan oleh luapan Sungai Cikawah yang tersumbat kayu.

"Kejadian saat hujan deras, sumbatan kayu pada aliran sungai membuat air meluap dan meluber ke permukiman warga," kata Kapten Infanteri Dedi Saepuloh, Sabtu (19/11/2022).

Ia menjelaskan banjir Desa Sukahurip ini merupakan kejadian yang pertama kali. Saat kejadian, rumah warga yang terdampak tergenang banjir kurang lebih setinggi 30 cm.

"Hari ini kami bersama unsur BPBD Garut, pemerintah kecamatan, desa dan warga, bahu-membahu membersihkan material-material banjir, berikut mengevakuasi dua unit mobil yang terbawa banjir ke bawah tebing," ujarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut