get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Sekolah Sungai Cimanuk Gelar Reboisasi Konservasi Alam

Rabu, 23 November 2022 | 19:03 WIB
header img
Pelaksanaan penanaman pohon atau reboisasi oleh Sekolah Sungai Cimanuk. Foto (istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia Tahun 2022, Sekolah Sungai Cimanuk, Garut, menggelar penanaman pohon atau reboisasi dalam hal konservasi alam yang dilaksanakan di Kampung Neglasari, Dusun 03, Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Selasa (23/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Jujun Juansyah menyampaikan,pihaknya sangat terbantu atas Inisiasi yang dilakukan pegiat lingkungan yaitu Sekolah Sungai Cimanuk dalam hal konservasi alam, dan sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh salah satu pegiat lingkungan di Kabupaten Garut yaitu Sekolah Sungai Cimanuk.

“Seperti diketahui bahwa (ada) hampir 57 ribu hektar lahan kritis di Kabupaten Garut dan saya kira apa yang dilakukan oleh teman-teman Sekolah Sungai Cimanuk ini adalah mungkin tidak sebanyak apa yang seharusnya, tetapi ini adalah upaya yang harus dilakukan oleh semua pegiat lingkungan, termasuk kita semua,” ucapnya.

Maka dari itu, imbuh Jujun, ia mengajak masyarakat untuk melakukan upaya penanaman di pekarangan maupun di lingkungan masyarakat itu sendiri. Sehingga, pada hari ini tidak hanya dilakukan ceremonial penanaman saja, tetapi dapat diikuti oleh masyarakat lainnya.

Dalam menindaklanjuti kegiatan ini, Jujun mengungkapkan pihakya akan melakukan upaya penanaman hampir 400 ribu pohon di Kabupaten Garut, tentunya dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Kelompok Usaha Tani, dan semua stakeholder lainnya di bidang pertanian dan pariwisata.

“(Untuk tindak lanjutnya) Tentu saja, karena ini juga bukan program sesaat, saya kira dengan adanya beberapa bencana (seperti) di tanggal 15 Juli 2022 dan tahun 2016, saya kira ini (salah satu) upaya mitigasi bencana yang harus kita lakukan,” tuturnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut