get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Setelah Jalani Rescue di Taman Satwa Cikembulan, Purbaya Kembali ke Habitatnya

Kamis, 08 Desember 2022 | 14:47 WIB
header img
Macan Tutul Bernama Purbaya dilepas liarkan Setelah Menjalani Rescue di Taman Satwa Cikembulan Garut. Foto (ist)

GARUT, iNewsGarut.id – Seekor Macan Tutul bernama Purbaya akhirnya dilepasliarkan di Habitatnya asalnya, sebelumnya macan tutul tersebut menjalani rescue (pertolongan) oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam ( BBKSDA) karena terjebak lilitan kawat perangkap Babi Hutan di Kawasan Hutan Kamojang, Kabupaten Bandung.

Setelah mendapatkan pertolongan, Purbaya (Macan Tutul) itu melakukan perawatan medis di Taman Satwa Cikembulan, Kadungora, Garut, untuk di rehabilitasi.

Rudy pemilik taman Satwa Cikembulan, mengatakan, macan tutul bernama Purbaya merupakan macan tutul yang terjebak oleh perangkap babi hutan di kawasan Kamojang. BBKSDA dan Taman satwa Cikembulan melakukan rescue untuk melepas macan tutul tersebut dari kawat seling yang melilit tubuhnya dengan terlebih dahulu di bius.

"Ya pada saat itu Kami bersama BBKSDA melakukan resque macan tutul yang terjebak perangkap babi hutan, tubuhnya terlilit kawat seling,"ungkapnya, saat dihubungi iNewsgarut.id, Kamis pagi (8/12/2022).

Setelah itu, Dikatakannya, Purbaya dititip rawat di Taman Satwa cikembulan untuk di rehabilitasi, "dan Alhamdulillah kondisi macan tutul ini tidak mengalami luka yang serius, sehingga melihat perilaku macan tutul ini yang masih memiliki panca Indra yang lengkap seperti taring yang masih utuh, naluri liarnya masih ada,"ujarnya.

Beranjak mulai membaik kondisi Macan tutul tersebut, Tim medis Cikembulan merekomendasi kepada Balai Besar KSDA Jabar untuk segera di lepasliarkan di habitat sebelumnya yaitu di kawasan Kamojang kabupaten Bandung.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut