Logo Network
Network

Angin Puting Beliung Terjang Malangbong Garut, Puluhan Rumah Rusak

Hendrik Prima
.
Sabtu, 17 Desember 2022 | 21:10 WIB
Angin Puting Beliung Terjang Malangbong Garut, Puluhan Rumah Rusak
Sejumlah warga membersihkan material atap bangunan yang terkena terjangan angin puting beliung di wilayah Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Sabtu (17/12/2022) sore.Foto iNewsGarut.id/ Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Sebanyak 79 rumah dari dua desa di Kecamatan  Malangbong, Kabupaten Garut, mengalami kerusakan dalam peristiwa terjangan angin puting beliung yang disertai hujan deras, Sabtu (17/12/2022) sore. Dua desa terdampak angin puting beliung di Kecamatan Malangbong itu adalah Desa Malangbong dan Desa Haurkuning.

Sekretaris Kecamatan Malangbong Deden Munawar menyebut peristiwa angin puting beliung di wilayahnya terjadi sekira pukul 15.30 WIB. Ia menjelaskan bangunan yang terdampak seluruhnya mengalami kerusakan pada bagian atap.

"Total sebanyak 79 rumah rusak akibat puting beliung dalam hujan deras yang terjadi pukul 15.30 WIB. Dari 79 rumah, hanya 5 rumah rusak berat, selebihnya rusak ringan," kata Deden Munawar.

Ia menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian terjangan angin puting beliung ini. Menurutnya, pihak Pemerintah Kecamatan Malangbong bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan sejumlah pihak terkait telah melakukan pengecekan.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa baik luka ringan hingga berat, sementara kerugian materi masih dalam penghitungan. Dari hasil monitor di lapangan, perlu dipersiapkan dengan segera terpal untuk menutupi atap yang rusak, agar warga terdampak tetap bisa tinggal meski dalam keadaan hujan," ujarnya.

Selain di wilayah Kecamatan Malangbong, hujan deras pada sore hari yang mengguyur kawasan utara Kabupaten Garut juga berdampak pada meluapnya Sungai Cimulu di wilayah Kampung Lebak Jaya, Desa Ciwangi Kecamatan Limbangan. Luapan sungai di daerah ini merusak lahan sawah dan kolam ikan milik warga.

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini