get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Pemkab Garut Melalui Diskominfo Monitoring Perbaikan 5 Unit Rutilahu di Peundeuy

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:32 WIB
header img
Monitoring dan pendampingan perbaikan Rutilahu tim Diskominfo Garut di Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Senin (19/12/2022). Foto (Ist)

"Kami sudah menginstruksikan kepada kepada para kepala desa untuk dapat mengimbau masyarakatnya, dan juga dapat memberikan empati masyarakat yang memang sudah mempunyai rumah yang layak huni untuk memberikan sebagian sedekah mereka terhadap rumah-rumah yang tidak layak huni," tuturnya.

Sementara, salah seorang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Perbaikan Rutilahu dari Desa Toblong, Tita Rosita (30), mengatakan jika kondisi rumah yang sudah ia tinggali sejak ia dilahirkan ini sudah mengalami banyak kerusakan, seperti atap yang bocor, papan bagian bawahnya bolong, bilik atau dinding dari anyaman bambu yang sudah hancur, hingga genteng yang sudah pecah dan berlumut.

Tita yang sehari-hari menjalani hidupnya sebagai ibu rumah tangga ini hanya memiliki penghasilan hasil kiriman uang dari suaminya yang bekerja di Bandung, di mana setiap satu minggu sekali ia akan dikirim uang senilai 150-200 ribu rupiah oleh suaminya.

Rumah peninggalan orang tuanya ini, kini dihuni oleh 5 orang yang terdiri dari Tita dengan suami dan kedua anaknya serta kakaknya.

"(Kamar mandi) ada cuman enggak ada kloset cuman buat mandi aja, kalau mau BAB (Buang Air Besar) ya numpang ke rumah orang atau ke itu ke kolam," kata Tita.

Karena sudah tidak memiliki orang tua, imbuh Tita, selama pembangunan rumahnya ia akan tinggal sementara di tetangganya.

"Terima kasih untuk Bapak Bupati dan semuanya yang sudah bekerjasama, terima kasih bantuannya atas rumah dan sembakonya. (Untuk pembangunan rumahnya) rumah yang layak aja, kalau ada minta (bantuan) buat tambah modal usaha gitu usaha kecil-kecilan, warung kecil-kecilan gitu, buat tambah-tambah anak jajan," tandasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut