get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Gerakan Tanam Panen Cepat dalam Program P2L, Cara Pemkab Garut Tekan Angka Inflasi

Jum'at, 23 Desember 2022 | 07:04 WIB
header img
Benih bayam di kebun percontohan yang dimiliki oleh KWT Harum Sari yang berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Foto (Ist)

GARUT, iNewsGarut.id – Dalam rangka menekan angka inflasi (kenaikan harga), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mencanangkan Gerakan Tanam Panen Cepat yang dicanangkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, di Kantor Kecamatan Kadungora, Kamis (22/12/2022).

Gerakan tanam panen cepat ini sendiri diimplementasikan dalam sebuah Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilaksanakan di 26 kecamatan dengan 55 Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai pilot project nya.

P2L sendiri merupakan sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama memberdayakan pekarangan secara bersama-sama dan intensif, untuk dimanfaatkan menjadi sumber pangan secara berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan kebutuhan gizi setempat.

Sekda Garut, Nurdin Yana, dalam sambutannya menyampaikan jika hari ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) semua kabupaten/kota sedang dihadapkan dalam sebuah ujian guna mengatasi masalah inflasi.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, lanjut Nurdin, semua pihak harus bergerak untuk melakukan recovery terhadap kondisi yang ada saat ini.

Menurut Nurdin, pemerintah pusat meminta semua kabupaten/kota untuk melakukan upaya nyata dalam menurunkan angka inflasi ini. Sehingga ia menaruh harapan besar terhadap gerakan tanam panen cepat yang dinilainya bisa menjadi salah satu cara menekan angka inflasi di Kabupaten Garut.

"Maksud saya adalah bapak ibu sekalian mari sama-sama pak kita coba lakukanlah secara utuh, secara nyata, secara real, apa yang bisa kita lakukan yang sifatnya juga paten, tidak konvensional dan tidak reaktif atas kondisi real di lapangan, saya menginginkan melalui program kegiatan ini pak, jadi gerakan tanam cepat panen atau panen cepat ini adalah bentuk lain dari upaya yang kita lakukan yang adaptif dengan kondisi real di lapangan, dengan memanfaatkan pekarangan seadanya," papar Sekda Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut