get app
inews
Aa Read Next : Pencabutan Status Pandemi oleh WHO Tak Pengaruhi Kebijakan Penanganan Covid-19 di Garut

Omicron Masuk Indonesia, Menkes: Tidak Usah Panik, Kita Hidup Seperti Biasa

Kamis, 16 Desember 2021 | 12:16 WIB
header img
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa virus Omicron sudah ditemukan di Indonesia. Foto/Dok.Sindonews

JAKARTA, iNews.id - Kasus pertama positif Covid-19 varian Omicron terdeteksi di Indonesia. Masyarakat diminta tidak perlu panik, apalagi menanggapi berlebihan. 

"Tidak usah khawatir, tidak usah panik, tetap kita hidup seperti biasa. Yang paling penting jaga kewaspadaan, " kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kamis (16/12/2021). 

Menkes meminta masyarakat tetap tenang dan waspada. Liburan akhir tahun, menurut Menkes, lebih baik tidak ke luar negeri karena Indonesia lebih aman dari pada negara lainnya.  

"Yang nomor satu protokol kesehatan harus disiplin," katanya.  

Selain itu, ada lima kasus probable Omicron yang masih dites. Kasus probable maknanya orang yang masih dalam kategori suspek dan memiliki gejala ISPA berat, gagal napas, atau meninggal dunia, namun belum ada hasil pemeriksaan yang memastikan dirinya positif Covid-19. 

Dua kasus yang masih didalami, yakni dua warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Amerika Serikat. Serta tiga warga negara China yang masih diperiksa di Manado. 

"Belum pasti Omicron, " kata Budi. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut