get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Orchid Garden, Pelestarian Anggrek Hutan Langka di Gunung Papandayan

Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:57 WIB
header img
Hamparan bunga pancawarna atau hydrangea tertanam rapi dan indah di Orchid Garden TWA Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.Foto iNewsGarut.id/ Dindin

GARUT, iNewsGarut.id – Selain wisata air panas, Kabupaten Garut dikenal dengan destinasi pegunungan yang indah. Salah satunya adalah Gunung Papandayan.

Gunung api strato yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan ini tak hanya menyajikan area wisata kawah, hutan mati serta bumi perkemahan. Namun juga ada taman yang dinamai Orchid Garden.

Memiliki luas sekitar 500 meter persegi, kawasan yang berada di kaki gunung ini disulap bak negeri dongeng dengan memamerkan hamparan bunga pancawarna atau Hydrangea.

Dibuka awal tahun 2022, taman bunga ini rupanya diperuntukkan sebagai area pelestarian anggrek hutan. Terdapat beragam jenis bunga anggrek dirawat dalam sebuah rumah kayu berdinding plastik.

"Anggrek hutan saat ini sudah langka. Untuk itu, kami membudidayakan jenis bunga ini demi menjaga kepunahan dan kelestariannya," ujar pengembang kawasan TWA Gunung Papandayan, Ayi Nana, Sabtu (14/1/2023).

Ayi Nana menuturkan, jenis anggrek yang dibudidayakan antara lain anggrek bulan, kantong semar, vanda tricolor, paphiopedilum, aerides ordorata, eria ornata, bulpophyllum, tanduk rusa serta ekor tupai. Seluruh anggrek tersebut merupakan anggrek hutan langka.

"Anggrek-anggrek ini didapat dari penangkaran kebun anggrek atau orchid lain dari Gunung Tangkuban Perahu," ujarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut