Logo Network
Network

Garut Diguncang Gempa, BPBD Periksa 2 Kecamatan Terdampak

Fani Ferdiansyah
.
Kamis, 02 Februari 2023 | 11:15 WIB
Garut Diguncang Gempa, BPBD Periksa 2 Kecamatan Terdampak
Informasi gempa bumi BMKG

GARUT, iNewsGarut.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut melakukan pemeriksaan terhadap dampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 4.3 yang mengguncang pada Rabu 1 Februari 2023 malam. Dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut, tercatat hanya 2 kecamatan saja yang melaporkan dampak dari peristiwa alam tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satriabudi menyebut 2 kecamatan yang melaporkan dampak gempa bumi adalah Kecamatan Pasirwangi dan Samarang. Dari laporan yang ia terima, jumlah rumah yang terdampak guncangan tersebut pada kedua kecamatan itu bervariasi.

"Di Kecamatan Pasirwangi ada 3 rumah, sementara di Kecamatan Samarang 20 rumah. Namun semua laporan tersebut harus kami verifikasi dengan mengecek ke lapangan, saat ini tim sedang memeriksa ke sana," ujar Satriabudi pada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (2/2/2023).

Ia mengungkapkan, berbagai laporan yang masuk ke BPBD Garut di antaranya mengenai retakan pada dinding, keramik yang terlepas, hingga dinding ambruk. Namun Satriabudi menegaskan semua laporan tersebut mesti dipastikan kembali apakah terjadi akibat dari guncangan gempa bumi atau tidak.

"Jangan sampai peristiwa ini dijadikan ajang aji mumpung. Sebab bisa saja misal begini, dinding roboh karena memang tidak ada struktur penopang, keramik terlepas itu karena kurang bahan seperti semen, atau hal lain. Ini harus dipastikan, sekaligus mengedukasi masyarakat juga," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengatakan secara keseluruhan guncangan gempa bumi tadi malam tidak menimbulkan korban jiwa. BPBD Garut, lanjutnya, telah melakukan monitoring pasca gempa bumi hingga Kamis dini hari.

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini