get app
inews
Aa Read Next : Polsek Singajaya Bersama Bhayangkari Berikan Bantuan Kepada Korban Terdampak Gempa Bumi

TNI -Polri Dampingi Nakes Imunisasi di Lokus KLB Difteri Garut

Rabu, 01 Maret 2023 | 05:58 WIB
header img
TNI -Polri Saat Mendampingi Petugas Kesehatan Untuk Melakukan Imunisasi di Wilayah KLB Difteri. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Wanaraja dan Koramil 1103/Sucinaraja, melakukan pendampingan petugas kesehatan untuk melaksanakan imunisasi di lokasi KLB difteri yakni di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selasa (28/2/2023).

Kapolsek Wanaraja AKP Maolana mengatakan, Pemerintah Kabupaten Garut telah menetapkan kasus penyakit difteri di Kabupaten Garut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Bupati (Kepbup) Garut nomor 100.3.3.2/KEP.91-DINKES/2023, tanggal 20 Februari 2023, tentang penetapan KLB Penyakit Difteri. 

"Penetapan ini seiring merebaknya kasus penyakit difteri di wilayah hukum Polsek Wanara, terutama di Kecamatan Pangatikan.”ungkapnya.

Difteri sendiri, jelas Maolana, merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri Corynebacterium Diphteria, yang ditandai dengan gejala batuk akut, demam, lemas, dan pembengkakan kelenjar getah bening selaput lendir.

"Berdasarkan keterangan dari Pak Bupati salah satu penyebab merebaknya difteri ini karena beberapa korban tidak di vaksin lengkap untuk imunisasi difteri,"jelasnya.

Ia menambahkan, Polsek Wanaraja menerjunkan beberapa anggota untuk membantu para petugas kesehatan saat melakukan imunisasi di wilayah KLB difteri.

"Bhabinkamtibmas Aipda Yana Hendayana bersama Babinsa mendampingi tenaga Kesehatan melaksanakan imuninasi kepada warga yang berusia 2 bulan sampai dengan 15 tahun,"tambahnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut