get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Pasarkan Hingga Ke Luar Negeri, Rumah Cerutu Garut Kebangkitan Petani Tembakau

Rabu, 15 Maret 2023 | 07:00 WIB
header img
Cerutu Asli Garut Yang Saat Ini Pasarannya Sudah Masuk Ke Luar Negeri. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Banyak yang belum tau !, di Kabupaten Garut terdapat rumah Cerutu, yang mana rumah tersebut memproduksi berbagai cerutu dari hasil karya tangan bernama Yudi Permana.

Awal mula dirinya membuat Cerutu tersebut, karena merasa prihatin melihat posisi petani tembakau Garut yang memang seolah-olah terpuruk dengan harga jual sangat minim.

"Awalnya rasa prihatin melihat petani tembakau yang seolah-olah terpuruk, harga jual mereka pun minim,"ungkap Yudi kepada iNewsGarut.id. Selasa (14/3/2023).

Menurutnya, tembakau Garut itu mempunyai kualitas yang bagus dan diakui oleh daerah lainnya, kata Yudi, pabrik-pabrik rokok yang di Indonesia itu kebanyakan memakai tembakau Garut.

"Saya ingin tembakau Garut ini ada peningkatan, pertama dalam harga, kedua cerutu yang dibuat dari tembakau Garut ini bisa bersaing dengan produk -produk luar,"ujarnya.

Bersama rekan-rekan, imbuhnya, maka berpikir untuk meningkatkan para petani tembakau Garut terutama dal hal harga, membuat inovasi dengan menciptakan produk cerutu dengan bahan bakunya yang diambil dari para petani tembakau Garut.

"Ada beberapa daerah yang sudah dipakai bahan baku tembakau nya untuk membuat cerutu disini, ada sekitar 4 daerah yakni Cisurupan, terus Cilawu, Samarang, dan Pasirwangi,"imbuhnya Dia.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut