get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Ridwan Kamil Janji Carikan Solusi bagi SMAN 8 Garut yang Terdampak Pembangunan Tol Getaci

Jum'at, 17 Maret 2023 | 11:10 WIB
header img
Sejumlah siswa di sekitar gerbang masuk SMAN 8 Garut, Kecamatan Cilawu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan mencarikan solusi atas dampak pembangunan Jalan Tol Getaci Foto. iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah.

GARUT, iNewsGarut.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan mencarikan solusi atas dampak pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) bagi SMAN 8 Garut. Sekolah yang berada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, itu harus digusur karena terkena dampak pembangunan Tol Getaci

"Sudah disampaikan secara lisan kepada pak gubernur. Beliau bilang akan dicarikan solusi," kata Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Enjang Tedi, pada MNC Portal Indonesia, Jumat (17/3/2023). 

Persoalan yang dihadapi SMAN 8 Garut dalam pembangunan Tol Getaci adalah mengenai belum jelasnya kapan pelaksanaan proyek, dan di mana lokasi baru sebagai tempat relokasi sekolah ini. Padahal, rencana pembangunan tersebut telah diketahui pihak sekolah sejak akhir 2020 lalu. 

"Sekolah sudah mengetahui pembangunan Tol Getaci dan mereka akan terdampak. Tapi sejauh ini sampai sekarang, belum jelas kapan terlaksana dan dimana lokasi baru yang akan menjadi tempat relokasi bagi SMAN 8 Garut," ujarnya. 

Politisi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, ketidakjelasan waktu pelaksanaan proyek dan tempat relokasi setidaknya membuat sejumlah pengembangan di SMAN 8 Garut terhambat. Tak hanya itu, para orang tua siswa dan guru pun dibuat cemas oleh proyek strategis nasional tersebut. 

"Mulai dari orang tua siswa yang cemas untuk menyekolahkan anaknya di SMAN 8 Garut, karena mereka berpikir sekolah akan pindah ke tempat jauh, hingga keragu-raguan SMAN 8 Garut mengembangkan fasilitas sekolah karena akan dibongkar lagi. Padahal belum tentu juga pelaksanaan pembangunan jalan tol ini dibangun di waktu dekat," ucapnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut