get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Bacaan Niat Puasa Hari Senin dan Kamis serta Qadha Ramadhan, Simak Penjelasannya

Kamis, 27 April 2023 | 08:40 WIB
header img
Bacaan niat puasa hari Senin dan Kamis serta Qadha Ramadhan, simak penjelasannya. (Foto iNews.id).

GARUT, iNewsGarut.id – Seorang muslim harus mengetahui bacaan niat puasa Senin dan Kamis serta Qadha Ramadan. Puasa Senin dan Kamis ini merupakan amalan ibadah yang selalu dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Adanya keutamaan dalam melaksanakan puasa hari Senin dan Kamis, sehingga Rasulullah SAW selalu menjalankan ibadah puasa tersebut. Keutamaan dari puasa Senin dan Kamis sendiri diantaranya adalah sebagai ibadah yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Hal ini disebutkan dalam hadits dari Siti ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha yang artinya: “Nabi Muhammad SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis” (H.R Tirmidzi dan Ahmad).

Waktu untuk pelaksanaan puasa hari Senin dan Kamis masih sama seperti puasa pada umumnya, yaitu dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. 

Selama waktu tersebut, seorang muslim yang melaksanakan puasa hari Senin dan Kamis harus terhindar dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. 

Sementara untuk waktu pelaksanaan puasa hari Senin dan Kamis bisa kapan saja, kecuali pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa itu diantaranya pada hari raya Idul Fitri (1 Syawal), hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah), hari tasyrik (11, 12, dan 13 Dzulhijjah), separuh terakhir dari bulan Sya’ban, dan hari yang diragukan.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut