get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Polres Garut Inisiasi Polisi Rukun Warga di 442 Desa

Jum'at, 12 Mei 2023 | 18:38 WIB
header img
Pelaksanaan Launching Program Polisi Rukun Warga (RW) Yang Diinisiasi oleh Kepolisian Resort (Polres) Garut. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Kepolisian Resort Garut (Polres Garut) dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan di masyarakat, menginisiasi program polisi rukun warga (RW). Hari ini, Jum'at (12/5/2023), di Mapolres Garut, program tersebut di launchingkan.

Kaporles Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, program polisi RW ini untuk menjaga Kamtibmas, menurutnya, dibutuhkan kerja sama secara komprehensif baik pemerintah daerah, lalu di tingkat kecamatan, kemudian di tingkat desa.

"Intinya menjaga Kamtibmas, dan memang program ini dibutuhkan kerja sama mulai dari pemerintah daerah, tingkat kecamatan Forkopimcam, Danramil, Kapolsek, kemudian di tingkat desa Bhabinkamtibmas dan Babinsa,"ungkapnya.

Rio menyebut bahwa pada program Polisi RW ini jumlah personil yang diturunkan sebanyak 1.300, kemudian karena jumlah RW ada 4000 lebih, ada satu polisi yang mengemban tugas 3 sampai 4 RW, tapi jarak yang dekat. 

Tujuannya dari program ini, Rio menjelaskan, bahwa senantiasa Polri hadir di tengah masyarakat, karena setiap permasalahan yang ada tidak langsung di Kabupaten baik dari segi ideologi, politik, sosial, budaya, dan keamanan masyarakat.

"Tujuan kami adalah meminimalisir efek domino ekses yang terjadi di masyarakat, kita sebagai problem solver, dan sarana pemecah masalah, jadi tidak semata-mata ada permasalahan langsung kita tangkap, kita ajukan ke kejaksaan, dan pengadilan,"jelasnya.

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro sendiri dalam program polisi RW memegang 2 RW, dimana setelah dirinya selesai dengan tugas pokoknya, malam harinya langsung menyambangi RW tersebut.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut