get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Fakta Gunung Cikuray Garut yang Wajib Pendaki Tahu, Ada Penghuni Bernama "Bagas"

Kamis, 01 Juni 2023 | 06:54 WIB
header img
Fakta Gunung Cikuray Garut, Para Pendaki Wajib Tahu, Ada Penghuni Bernama "Bagas". (Foto Instagram @ulfawidyaaa/iNewsJabar)

GARUT, iNewsGarut.id – Fakta Gunung Cikuray Garut yang wajib diketahui oleh pendaki ketika ingin mencoba hiking ke sana. Gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki yang datang dari berbagai daerah.

Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.821 meter di bawah permukaan laut (mdpl) dan terkenal dengan keindahan alam lautan awan yang memukau.

Nah, sebelum berencana melakukan pendakian ke sana, simak dulu Berikut penjelasannya.

Sejumlah fakta tentang Gunung Cikuray yang ada di Garut.

1. Gunung Cikuray Adalah Gunung Tertinggi di Garut

Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.821 mdpl, sehingga menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi di Garut. Gunung Cikuray juga merupakan urutan keempat gunung tertinggi di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede.

Letak Gunung Cikuray berada di tengah-tengah Kabupaten Garut, tepatnya berada di perbatasan Kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuhmanggung. 

Perlu diketahui juga bahwa Gunung Cikuray merupakan gunung berapi berjenis stratovolcano yang belum pernah meletus.

2. Disebut Sebagai Gerbang Kerajaan Pajajaran

Gunung Cikuray sering disebut sebagai Gunung Srimanganti dalam beberapa naskah kuno pada zaman dahulu. Sebutan itu digunakan pada zaman Sunda lampau. 

Selain itu, berdasarkan cerita sebuah naskah kuno, Gunung Cikuray pada zaman dahulu juga merupakan gerbang menuju Kerajaan Pajajaran. 

Hal itu dibuktikan dengan informasi yang menerangkan bahwa pada abad ke-17, lereng Gunung Cikuray menjadi tempat pemukiman bagi para pendeta serta menjadi pusat pembelajaran berbagai macam ilmu. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut