get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Mengapa Garut Dijuluki Kota Domba? Berawal Dari Masa Pemerintahan Bupati Suryakanta Legawa

Senin, 05 Juni 2023 | 19:48 WIB
header img
Mengapa Garut Dijuluki Kota Domba? Berawal Dari Masa Pemerintahan Bupati Suryakanta Legawa. (Foto Okezone.com)

GARUT, iNewsGarut.id – Mengapa Garut dijuluki Kota Domba? Selain itu, Garut juga memiliki julukan lainnya seperti Swiss Van Java dan Kota Dodol.

Kabupaten Garut, Jawa Barat, disebut Swiss Van Java karena pemandangannya dinilai mirip Swiss. Sedangkan disebut dengan Kota Dodol karena memang Garut ini adalah daerah penghasil dodol yang berkualitas.

Lalu, apa alasan Kabupaten Garut disebut sebagai Kota Domba? Berikut ini penjelasan mengapa Garut dijuluki Kota Domba. 

Kabupaten Garut sebagai Kota Domba juga memiliki alasan tersendiri. Dijuluki sebagai Kota Domba karena daerah di Jawa Barat ini memiliki kesenian ketangkasan adu domba yang menjadi ciri khas Garut.

Kesenian ketangkasan adu domba ini biasanya diiringi oleh berbagai alat musik tradisional. Kesenian khas Sunda ini juga biasanya banyak dihadiri oleh masyarakat yang datang dari berbagai daerah.

Seni tradisi Sunda ini juga memiliki nilai-nilai kekeluargaan yang mengikat kesatuan masyarakat. Selain itu, ketangkasan adu domba juga sebagai ajang uji nyali domba, mengangkat pamor kelas domba, serta meningkatkan nilai jual domba yang dimiliki peternak.

Seni tradisi ketangkasan adu domba Garut berawal dari masa pemerintahan Bupati Suryakanta Legawa pada tahun 1815-1829. Saat itu, dirinya sering mengunjungi teman perguruannya bernama Haji Saleh yang memiliki banyak domba.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut