get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Berikut Fakta Keunikan Kampung Pulo Garut, Simbol 7 Bangunan Pokok

Selasa, 06 Juni 2023 | 09:51 WIB
header img
Kampung Adat Pulo Yang Berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. (Foto : Celebrities.id)

GARUT, iNewsGarut.id – Keberagamaan adat istiadat dan budaya melekat di Kabupaten Garut. Kota ini menyimpan sejuta keunikan yang tersimpan di dalam adat dan budaya. Salah satunya Kampung Pulo Garut yang memiliki keunikan di dalamnya.

Kampung Adat Pulo berada di kampung panjang, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Kampung adat ini terletak di seberang situ Cangkuang. Yang mana kampung ini memisahkan antara kampung Pulo dan Desa Cangkuang.

Ternyata, kampung adat ini menyimpan keunikan tersendiri. Berikut iNewsGarut.id, merangkumnya dari berbagai sumber tentang Fakta Keunikan Kampung Pulo Garut

Simbol 7 Bangunan Pokok

Kampung adat Pulo memiliki 7 bangunan pokok. Dimana ada 6 bangunan rumah dan 1 bangunan Mushola. Ke enam bangunan rumah tersebut berjejer saling berhadapan. 3 bangunan di kiri, dan 3 bangunan di kanan. Sedangkan, 1 mushola berada tepat di depan pintu depan.

Bangunan tersebut merupakan simbol ke tujuh anak eyang embah dalem Arief Muhammad. Dimana 6 bangunan rumah menjadi simbol ke enam anak perempuannya. Sedangkan, 1 bangunan yakni mushola menjadi simbol satu-satunya anak laki-laki Eyang embah dalem Arief Muhammad.

Diketahui Eyang embah dalem Arief Muhammad merupakan penyebar agama Islam di Desa Cangkuang. Beliau merupakan tokoh penting dimana kala itu penduduk di Desa tersebut menganut agama Hindu.

Rakit Sebagai Alat Transportasi Menyebrangi Situ Cangkuang

Bila ingin mencapai ke kampung adat Pulo. Kita harus menyebrangi situ. Dimana alat transportasi untuk mencapai ke kampung adat tersebut menggunakan rakit.

Rakit tersebut terbuat dari bambu dimana salah seorang menjadi pengayuh mengunakan bambu panjang. Rakit tersebut untuk menyebrangi Situ Cangkuang yang kedalamannya mencapai 1,5 meter.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut