get app
inews
Aa Read Next : Gerakan 3G Upaya Zero New Stunting di Lasato Fest 2024 Diskannak Garut

Diskanak Garut Sediakan Vaksinasi Rabies Gratis untuk HPR

Rabu, 07 Juni 2023 | 15:41 WIB
header img
Kegiatan vaksinasi rabies hewan peliharaan oleh Puskeswan Diskanak Kabupaten Garut.(Foto Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyediakan vaksinasi rabies gratis bagi masyarakat Garut yang memiliki HPR (Hewan Penular Rabies).

Hal ini dilakukan Diskanak Garut karena di media sosial sempat viral dengan adanya kasus seorang balita di Nusa Tenggara Timur (NTT) meninggal dunia akibat digigit anjing rabies pada Senin (8/5/2023) lalu. 

Maka dari itu, Diskanak Garut mengimbau masyarakat Garut yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hingga monyet agar senantiasa melakukan vaksinasi rabies setiap satu tahun sekali. 

Terlebih bagi masyarakat pemilik HPR diharapkan agar mengurus hewan peliharaannya dengan baik, seperti memberi makan, mengandangkan hewan, serta tidak membiarkan hewan peliharaannya mencari makan sendiri, sehingga tidak akan menganggu aktivitas orang lain.

"Terus melakukan vaksinasi rabies rutin setiap tahun ke Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) terdekat," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan), drh. Agustina, di Kantor Diskanak Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (6/6/2023).

Lanjutnya, Agustina menjelaskan, jika kondisi rabies di Kabupaten Garut masih bisa terkendali karena adanya alokasi kegiatan pengendalian rabies melalui vaksinasi rabies yang rutin. Selain itu, adapun sosialisasi terkait bahaya rabies yang dilakukan oleh Diskanak Garut bersama stakeholder lainnya.

Jika ada laporan dari masyarakat terkait kasus gigitan dari HPR, Diskanak Garut bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah, petugas medik veteriner, maupun paramedik veteriner, akan terjung langsung ke lapangan untuk melakukan observasi terhadap HPR. Sampai saat ini masih belum ditemukan adanya hewan peliharaan yang positif terkena penyakit rabies.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut