get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Keutamaan Bulan Muharram dan Amalannya, Terdapat Satu Hari yang Sangat Mulia

Sabtu, 15 Juli 2023 | 07:12 WIB
header img
Keutamaan bulan Muharram dan amalannya, terdapat satu hari yang sangat mulia. (Foto: Freefik)

GARUT, iNewsGarut.id – Keutamaan bulan Muharram dan amalannya yang mesti diketahui oleh seorang muslim. Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah (Islam) yang memiliki banyak keutamaan.

Lantas, kenapa bulan Muharram itu istimewa? Dalam Al-Qur'an Surah At-Taubah Ayat 36, Allah SWT mengabarkan 4 bulan mulia (bulan-bulan haram) yang wajib dimuliakan yakni bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Keempat bulan tersebut umat Islam dilarang menganiaya diri sendiri, justru sebaliknya diperintahkan agar memperbanyak amal saleh.

Selain itu, dalam surat lain (Surah Al-Fajar ayat 1-3), Allah SWT berfirman :

 

وَٱلْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2) وَٱلشَّفْعِ وَٱلْوَتْرِ (3)

 

 Latin : 'Wal-Fajri (1) wa laya lin 'Asyrin (2) wassyaf'i wal-watri (3)

Artinya : "Demi waktu Fajar, demi malam yang sepuluh, demi yang genap dan yang ganjil,"

Para mufassir (ahli dalam bidang Tafsir) menjelaskan ayat kedua dalam Surah Al-Fajar yang berarti "Demi malam yang sepuluh" itu merupakan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, dan 10 hari pertama bulan Muharram.

Sementara itu, para sahabat dan salafunassaleh (ulama saleh terdahulu) menjadikan bulan Muharram sebagai bulan memperbanyak amal saleh. Di bulan ini mereka menghidupkan puasa sunnah, berzikir, serta memperbanyak amal kebaikan.

Di dalam bulan Muharram juga terdapat satu hari yang sangat mulia yakni Hari Asyura (10 Muharram). Hari Asyura menjadi istimewa karena Allah SWT memberi banyak kemuliaan kepada para Nabi dan Rasul-Nya pada hari tersebut.

Bulan Muharram merupakan bulan penuh berkah terutama pada 10 hari pertama bulan tersebut. Berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut