get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Hari Pendidikan dan Hari Menggambar Nasional 2024 di TIB Garut

Mahasiswa dan Dosen UNIGA Gelar Penyuluhan Workshop PKKEM di Cisompet Garut

Kamis, 10 Agustus 2023 | 14:06 WIB
header img
Mahasiswa dan Dosen Universitas Garut Lakukan Penyuluhan dan Workshop di Desa Panyindangan, Cisompet, Garut. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Mahasiswa dan Dosen Universitas Garut Lakukan Penyuluhan dan Workshop Penguatan Kesehatan Keluarga dan Ekonomi Masyarakat melalui Pemanfaatan Bahan Lokal di Desa Panyindangan, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (8/8/2023). 

Kegiatan itu merupakan bagian dari serangkaian program pengabdian yang diselenggarakan oleh Kelompok 8 KKN UNIGA tahun 2023. KKN Uniga tahun ini dipusatkan di Kabupaten Garut bagian Selatan di 9 Kecamatan dan diikuti oleh 1.253 peserta. Salah satunya adalah di Desa Panyindangan yang terletak di Kecamatan Cisompet.

Hasil pemetaan dan analisis yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di Desa Panyindangan menunjukkan beberapa temuan seperti potensi ekonomi yang belum termaksimalkan dengan baik serta masalah di bidang kesehatan seperti kasus infeksi saluran pernafasan akut, hipertensi, konsumsi obat yang tidak semestinya dan kekhawatiran stunting. 

Untuk itu, mahasiswa berinisiatif menyelenggarakan acara edukasi dan pelatihan dengan bentuk Penyuluhan dan Workshop dengan judul "Sosialisasi dan Aksi Sekolah Dagang dan Pemanduan Kesehatan Keluarga." Acara dihadiri oleh Kepala Desa, Babinsa, serta perangkat Desa Panyindangan. 

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh desa. Indra Pirman selaku Kepala Desa Panyindangan dalam sambutannya berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik kegiatan yang digagas oleh mahasiswa KKN ini.

"Pemerintah Desa tentunya berharap kegiatan ini dapat memberikan nilai manfaat untuk masyarakat terutama dalam hal peningkatan ekonomi,"ungkapnya.

Tema utama dari kegiatan ini adalah Mewujudkan Keluarga Sehat dan Bahagia, Workshop penguatan penanganan lokal penangkal stunting, pelatihan pemasaran dan pembuatan logo produk.

Kegiatan penyuluhan diberikan oleh dosen dari program studi farmasi Fakultas MIPA Universitas Garut, apt R Aldizal Mahendra Rizkio Penyuluhan membahas tentang cara menjaga kesehatan agar masyarakat dapat hidup dengan sehat, berdaya, dan bahagia bersama-sama dengan keluarga. 

Dijelaskan dalam acara ini tentang cara menjaga kesehatan tubuh dari pengaruh dalam seperti penyakit akibat pola makan dan dari pengaruh luar seperti ancaman infeksi khususnya pernafasan. 

“Kunci dari mewujudkan hidup sehat bersama adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, menjaga keseimbangan asupan makanan, serta mengedukasi perempuan agar menjadi ibu ataupun calon ibu cerdas karena ibu adalah kunci dari kesehatan keluarga,” ujar dosen yang juga mengajar di prodi profesi Apoteker.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut