get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

UKM Desa Talagajaya, Miliki BUMDes yang Berdayakan Warganya

Selasa, 15 Agustus 2023 | 12:50 WIB
header img
Rangginang Beras Ketan produk rumahan warga Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya

GARUT, iNewsGarut.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut melakukan terobosan dengan melibatkan warga setempat sebagai pelaku usaha.

BUMDes dengan nama Talaga Maju yang belokasi di Kampung Kubang, Desa Talagajaya itu, menampung produk olahan makan rumahan dari warga sekitar untuk dipasarkan. Tujuannya untuk menambah penghasilan warga dan mempermudah pemasaran produk.

Produk makanan yang dihasilkan seperti Opak Ketan, Rangginang Ketan, Comring dan lainnya ditampung oleh BUMDes dengan cara dibeli langsung ke warga, kemudian dipasarakan oleh BUMDes melalui online dan offline.

Ketua BUMDes Talaga Maju, Cepi, ia mengatakan BUMDes ini mulai berdiri dari 2017 dan 2019 mulai berinovasi dengan melakukan terobosan baru dengan menampung prodak olahan rumahan dari masyarakat sekitar.

"Semua olah yang ada di BUMDes Talaga Maju merupaka produk rumahan masyarakat sekitar. Tujuannya meningkatkan pendafataan masyarakat sehingga lebih semangat dan termotivasi untuk membuat prodak rumahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya, Selasa (15/8/2023).

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut