get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Desa Sindanggalih Garut Sambut Baik Program Jemput Bola Disdukcapil

Diskominfo Garut Siap Perkenalkan Super Apps GASPOLS

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 10:03 WIB
header img
Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Margiyanto, memberikan keterangan terkait GASPOLS. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Super app Garut Single Portal Online Service (GASPOLS) mulai diperkenalkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut. Dengan tujuan meningkatkan transparansi dan efisiensi tata kelola aplikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Kepala Diskominfo Garut Margiyanto mengatakan, GASPOLS akan menjadi "rumah" bagi seluruh aplikasi di Kabupaten Garut, terlebih, aplikasi canggih ini didukung teknologi Semi Artificial Intelligence (AI), memungkinkan bantuan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Garut dalam pembuatan aplikasi, situs web, dan pengelolaan dashboard.

"Jadi pengembangan aplikasi ini sebenarnya sudah bisa dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Garut Pak, jadi kalau boleh dikatakan sebenarnya kalau pembuatan aplikasi di SKPD kecuali aplikasi-aplikasi tertentu ya, ini sudah tidak perlu lagi dengan vendor Pak," ujarnya dalam acara Monitoring dan Evaluasi Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat Tahun 2023 oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut pada Kamis (19/10/2023).

Dengan memanfaatkan teknologi AI, aplikasi GASPOLS akan secara otomatis mengakses dan terintegrasi dengan data di tiap SKPD. Selain itu, super apps ini juga terhubung dengan Garut Satu Data.

"Garut Satu Data yang kita miliki ini, sudah terintegrasi dengan SDI (Satu Data Indonesia) yang ada di pemerintah pusat, salah satu yang sudah terintegrasi," ucapnya.

Margiyanto juga mengungkapkan, dashboard di GASPOLS dapat diakses oleh masyarakat, menyediakan data publik seperti perekonomian, pariwisata, informasi bencana, kehidupan sosial, kesehatan, dan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut